Cara Membuat Es Mambo Pelangi




Resep Bunda - Selain Es Mambo Pelnagi saya sangat suka dengan Es Kacang Hijau. Biasanya saya membuat Es Mambo Pelangi dan Es Kacang Hijau dihari liburan anak sekolah. Yaa, itung-itung menghemat uang jajan anak-anak. Nah, kali ini saya akan membagikan Artikel Cara Membuat Es Mambo Pelangi. penasaran bagaimana cara membuatnya? berikut ulasannya.

Cara Membuat Es Mambo Pelangi

Bahan-bahan Es Mambo Pelangi :
  • Nutrijell rasa lecy 1 bungkus / 10 gram
  • Tepung maizena 3 sendok makan
  • Gula pasir 150 – 200 gram
  • Susu kental manis putih 1 kaleng
  • Air 2 liter
  • Pewarna makanan atau pasta merk kupu-kupu (rasa melon, jeruk, coklat) sedangkan yang putih biarkan begitu saja tanpa pewarna

Cara Membuat Es Mambo Pelangi :
  1. Langkah awal rebus susu kental manis bersama 2 liter air, aduk-aduk sampai tercampur dengan rata dan meletup-letup. (Gunakan api kecil dan aduk-aduk terus ya, jangan di tinggal adonanya agar hasilnya enak dan tidak bau gosong).
  2. Selanjutnya ambil 2 sendok air susu kental manis panas, lalu campur dengan bubuk nutrijell dan tepung maizena. Aduk sampai tercampur dengan baik, lalu masukkan kembali ke dalam panci adonan susu.
  3. Kalau adonan sudah mengental, angkat. Diamkan adonan kurang lebih selama 3 menit, lalu campurkan asam sitrat yang dari nutrijell. Aduk rata.
  4. Bagi adonan menjadi 4 atau 5 bagian sesuai selera. Kemudian tetesi pewarna makanan 2-3 tetes atau sesuai kebutuhan, aduk rata.
  5. Hilangkan uap panasnya dan diamkan beberapa waktu sampai sedikit mengeras. Bisa di masukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu selama 30 menit. Kalau sudah sedikit keras teksturnya jadi mirip puding puyo, pertanda adonan jelly siap dimasukkan ke dalam plastik es mambo atau lilin.
  6. Caranya gunakan bantuan corong es untuk membantu memasukan setiap adonan warna ke dalam plastik. Selang seling warnanya, agar cantik menyerupai pelangi, ikat ujungnya. Lalukan sampai semua adonan habis.
  7. Terakhir masukkan ke dalam frezer dan tunggu sampai es jelly pelangi mengeras.
  8. Es Mambo Pelangi siap disajikan.

Itulah cara membuat Cara Membuat Es Mambo Pelangi ala Resep Bunda. gimana mudahkan? silahkan coba dirumah. jangan lupa share Artikel ini yaa,,,
Next Post Previous Post